Senin, 28 November 2011

Pentingnya Kelompok Dukungan Sebaya bagi ODHA

Rasanya, tak banyak yang bisa diungkapkan lagi karna betapa tiga tahun ini bisa menjadi tahun yang sangat luar biasa dan menemukan banyak pembelajaran hidup yang sangat luar biasa pula berawal dari keikut sertaanku di Pusat Informasi dan Layanan Konseling Universitas Semarang (PILUS-USM) belajar bagaimana bisa menjadi bagian dari Mahasiswa yang peduli terhadap Kesehatan Reproduksi dan menjadi bagain pula dari jaringan Mahasiswa yang peduli dengan Kesehatan Reproduksi hingga 'menelorkan' sebuah kegiatan TEMU NASIONAL KESEHATAN SEKSUAL MAHASISWA yang merumuskan banyak strategi Nasional untuk mulai penggalakan Universitas-UNiversitas untuk lebih konsern lagi dengan Kesehatan Reproduksi. Entah apakah Direktorat Perguruan Tinggi yang saat itu kita beraudiensi secara langsung merespon kegiatan tersebut hingga merumuskan banyak kebijakan yang terkait dengan Kesehatan Reproduksi ataukah tidak saat ini yang jelas kegiatan tersebut mengantarkan perkenalan saya dengan PILAR PKBI Jawa Tengah.

Dari situlah ruangterbuka saya berkecimpung dengan dunia HIV dan AIDS, masih ingat dalam benak saya pada 14 Desember 2009 saya bertemu dengan salah satu Manager Kasus yang saat ini menjadi akrab dan darisana lah pula saya mulai berinteraksi dengan kawan-kawan ODHA (Orang Dengan HIV dan AIDS) melalui Kelompok Dukungan Sebaya, jujur saya menjadi sangat bergairah walau awalnya masi sangat grogi karena masi bingung bagaimana menghadapi mereka dan bagaimana berinteraksi. Dalam benak saya, salah-salah nanti mereka tersinggung dengan sesuatu yang saya anggap biasa, namun seiring waktu semua berjalan sangat lancar.

Ada banyak pemebelajaran yang TIDAK AKAN PERNAH ADA dalam Kelompok Dukungan Sebaya yang akan kita dapatkan di luaran sana, kita bisa belajar tentang semangat hidup, kita belajar tentang bagaimana menghargai hidup, bahkan kita belajar tentang Cinta dan Kasih Sayang yang sejati. Mereka adalah guru-guru kehidupan yang tidak akan pernah saya lupakan. Saya belajar tentang Cinta bagaimana seseorang bisa melakukan penerimaan, sayapun belajar tentang semangat hidup.

Masih melekat dalam ingatan saya seseorang yangtadinyatergolek lemas di RS, kita berkunjung dan memberikan support. Tak kuasa kawan-kawan berlinang air mata untuk memberikan support dan semangat hidup dan beberapa hari kemudian orang yang tadinya tergolek lemas itu sudah hadir dalam sebuah acara senam pagi dan tersenyum lebar sambil mengangguk-anggukan kepala tertawa dan mengikuti irama musik. SUBHANALLAH!

Kekuatan yang luar biasa yang belum tentu kita dapatkan di tempat lain, ternyata Kelompok Dukungan Sebaya benar-benar menjadi tonggak kehidupan bagi kawan-kawan ODHA untuk saling memberi kekuatan dan semangat hidup. Ada ruang 'keluarga' yang dibangun dan menjadi tumpuan semangat bagi kawan-kawan untuk sedikit melupakan masalah pribadi dan saling memberikan kekuatan dengan mereka yang mempunyai permasalahan yang sama dengan mereka.

Sayangnya, dari 4299 data kasus HIV di Jawa Tengah yang dikeluarkan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Jawa Tengah dengan proporsi 2400 HIV dan 1899 AIDS. Namun dari jumlah sebanyak itu, hanya 542 orang yang mengakses Kelompok Dukungan Sebaya dimana di Jawa Tengah terdapat 23 Kelompok Dukungan Sebaya di 15 Kabupaten/Kota. Artinya yang melakukan akses Kelompok Dukungan Sebaya masih jauh dari setengah ODHA di Jawa Tengah dan dari data KPA Jawa Tengah menunjukkan ODHA yang lebih terbuka di daerah-daerah perkotaan dan banyaknya kasus AIDS di daerah-daerah.

Ternyata masih banyak yang masih beum memahami arti penting dari Kelompok Dukungan Sebaya sebagai satu kekuatan pembangkit semangat, bagi seornag Manager Kasus. Kita jelas tidak bisa memaksakan seseorang yang telah mengetahui status untuk tergabung dengan Kelompok Dukungan Sebaya, kita hanya bisa memberikan ruang penjelasan kepada seorang ODHA arti penting seorang..... SAHABAT SEHATI
BANGKIT!!!!
MANDIRI!!!!
BERDAYA!!!!

SEMARANG, 30 November 2011 (In My Special Day ^^)



1 komentar:

  1. aku yang baca jadi ingin ikut gabung,,,
    sukses terus untuk KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA,,,
    semoga KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA bisa diterima diseluruh lapisan masyarakat Indonesia,,,
    amien,,,,


    SEMANGAT!!!!!!!!!!

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar Anda, saya menerima segala bentuk kritikan baik yang pedas maupun membangun. Semoga makin memperkuat wacana dan pemikiran kita